0
About HypnoSlimby adminon.About HypnoSlimAbout HypnoSlim    Berikut adalah salah satu tulisan yang pernah saya buat di Facebook profile saya, untuk menjawab berbagai pertanyaan mengenai hipnoslim: HypnoSlim / hipnoslim or whatever the name is, sebenarnya adalah pengaplikasian hipnoterapi dalam kasus weight management (jadi mau turun or naik ya bisa aja). Kenapa hasilnya bisa terkesan sangat ajaib? Ajaib dengan pemahaman […]

About HypnoSlim

 

 Berikut adalah salah satu tulisan yang pernah saya buat di Facebook profile saya, untuk menjawab berbagai pertanyaan mengenai hipnoslim:

HypnoSlim / hipnoslim or whatever the name is, sebenarnya adalah pengaplikasian hipnoterapi dalam kasus weight management (jadi mau turun or Appleslimnaik ya bisa aja).

Kenapa hasilnya bisa terkesan sangat ajaib?

Ajaib dengan pemahaman orang modern yang segalanya butuh logika yang “masuk akal”. Tapi sebenarnya dengan konsep pemahaman cara kerja pikiran itu hal yang biasa saja. Sebagian besar (dengan mengecualikan kasus yang memang murni patologis ataupun fisiologis) kasus kelebihan berat badan itu disebabkan oleh pikiran/mindset. Biasanya ada belief/keyakinan tertentu yang tertanam ataupun trauma mental (luka batin) pada masa lalu atau suatu bentuk pelarian dari masalah yang lain.

Secara hipnoterapi, kita percaya bahwa sebenarnya permasalahan manusia selalu ada jawabannya dalam diri mereka sendiri, yang terletak di subconscious-nya. Itulah yang digali dengan teknik hipnoterapi. Jadi yang menurun/naikkan berat badan sebenarnya bukan terapisnya tapi personal masing-masing (alias subconsciousnya)

Bagaimana proses terapinya?

Dengan memanfaatkan kondisi hipnosis, seseorang (dengan bantuan terapis) bisa mencari akar permasalahan pada pikirannya yang menyebabkan kasus kelebihan berat badan itu. Apapun bentuknya, baik itu trauma atau belief, dimaknai ulang dengan pemahaman baru dan kemudian ditambah dengan berbagai sugesti positif. Sesi terapi biasanya ditutup dengan teknik tertentu sehingga dapat digunakan oleh masing2 individu untuk self therapy. Jika proses tersebut sudah selesai, maka biasanya dengan cepat subconscious akan “bekerja” dan menghasilkan perubahan-perubahan yang dianggap ajaib itu. Sesi yang diperlukan umumnya 1-4 kali.

 

Apakah hasilnya dijamin selalu sama?

Karena terapi ini sangat tergantung pada subconscious masing2 individu, maka hasil & proses menuju target keberhasilannya pasti berbeda-beda. Biasanya beberapa hari pertama akan terjadi masa-masa penyesuaian, ada yang subconsciousnya seolah2 euforia sehingga hanya dengan tidur semalaman klien mendapati dirinya turun sekian Kg pada pagi harinya namun setelah itu bisa naik lagi sedikit dan baru turun perlahan2 menuju target yang telah disepakati, ada pula yang stagnan seolah tidak ada perubahan baru setelah itu turun perlahan2, dan ada juga yang malah naik dulu (fenomena ini seperti orang yang mau memasuki bulan puasa, puas2in dulu sehari sebelumnya) baru kemudian turun perlahan2.

 

Apa faktor yang paling penting penentu keberhasilan?

Yang paling penting adalah niat & kesiapan seseorang untuk berubah. Makin besar niat & kesiapan seseorang untuk berubah semakin mudah & efektif hasil terapi ini. Oleh karena itu, klien yang paling ideal untuk terapi ini adalah orang2 yang sudah pernah mencoba satu atau berbagai cara dengan serius untuk menurunkan berat badannya namun selalu gagal ataupun berhasil sebentar dan kemudian kembali lagi gemuk. Dan sebaliknya, orang yang sebenarnya tidak pernah merasa punya problem dengan bobot tubuhnya tapi ingin coba-coba (siapa tahu berhasil, lumayan) adalah yang paling mungkin gagal menjalani terapi ini.

 

Apakah setelah selesai sesi terapi benar2 tidak usah melakukan apa2 untuk mencapai target?

Tergantung pada hasil yang diperoleh dari sesi terapi. Ada kalanya, subconscious mengkomunikasikan suatu cara atau aktivitas yang perlu dilakukan untuk mencapai target. Namun karena didukung oleh suconsciousnya sendiri, umumnya hal tersebut akan berjalan dengan mudah, tanpa rasa terpaksa, tetap feel happy, tetap sehat, dll. Berbagai reaksi yang dihasilkan dari terapi ini, ada yang tiba2 terpacu untuk berolah raga lebih sering, ada yang tiba2 menurun nafsu makannya, ada yang tidak suka makanan tertentu (yg rupanya pemicu bertambahnya berat badannya).

 

Apakah selain berat badan bisa mempengaruhi bentuk tubuh juga?

Kembali tergantung subconscious masing2. Biasanya target penurunan berat badan disertai juga dengan keinginan mendapatkan bentuk tubuh tertentu ataupun mempertahankan ukuran bagian tertentu yang divisualisasikan pada saat sesi terapi. Pada banyak kasus, selama bukan karena faktor anatomis dan di’setujui’ oleh subconsciousnya, perubahan bentuk tersebut ikut tercapai bersama dengan penurunan berat badannya. Tentunya dalam hal ini kombinasi dengan latihan olahraga tertentu akan jauh lebih efektf. (Saya belum pernah tahu ada yang bisa jadi 6-pack hanya dengan hipnoterapi:) )

 

Semoga bermanfaat…….!

 

Author: 

Related Posts

 

Leave a Reply